Notification

×

Iklan

Iklan

342 Siswa SMP di Samosir Ikuti Tryout Seleksi SMA Unggul

Rabu, 08 Februari 2023 | 11:03 WIB Last Updated 2023-02-08T04:07:28Z
Ketua DPD GAMKI Sumut Darwin Sitompul didampingi Asisten I Pemerintah Tunggul Sinaga, Kadis Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Samosir bersama GAMKI Samosir disambut tortor saat memasuki halaman SMP N. 2 Pangururan, Rabu (08/02). 

Kabar Center

Sebanyak 342 peserta siswa dan siswi SMP se Kabupaten Samosir mengikuti Tryout Persiapan Seleksi SMA Unggul. 342 peserta tersebut terdiri dari 203 siswa IPA dan 139 siswa IPS yang akan diuji. 

Demikian dikatakan Ketua MKKS kabupaten Samosir Teksin Simbolon, S.Pd, Rabu (08/02) di halaman SMP N. 2 Pangururan. 

Teksin menyampaikan terima kasih kepada tuan rumah SMP N. 2 Pangururan yang telah mempersiapkan segala sesuatu untuk terlaksananya kegiatan ini.

"Pendanaan untuk kegiatan ini berasal dari DPD GAMKI. Untuk itu kami berikan apresiasi dan hormat kami kepada GAMKI dan kami berharap untuk hari-hari yang akan datang, kegiatan ini tetap dilaksanakan," kata Teksin.

GAMKI kata dia, organisasi kemasyarakatan yang sungguh mau peduli untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Samosir. Hari ini lanjut dia, kepada Bapak Bupati Samosir melalui Bapak Kepala Dinas Pendidikan bahwa nama anak-anak didik mulai peringkat 1-30 nantinya akan diserahkan ke dinas Pendidikan untuk dibina lebih lanjut.

"Kita mau bangun jiwa kompetitif dari anak-anak kita bukan hanya untuk memperoleh kursi di SMA Unggul namun juga untuk mempersiapkan mereka mampu berkompetisi dengan yang ada di Indonesia khususnya dengan siswa yang ada di kawasan Danau Toba. Saya ucapkan terimakasih kepada semua panitia yang telah untuk menyiapkan acara ini," pungkasnya.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Samosir Jhonson Gultom, S.Pd menyebut, ke 30 peserta mulai dari peringkat 1-30 akan dibina dan dibimbing dalam oersiapan untuk bisa masuk ke SMA Unggulan.

"Siswa siswi kami harus betul betul dibekali. Anak anak kami semua adalah generasi kami semua," ujar Jhonson.

Dia menyebut, dari 35 SMP di Kabupaten Samosir, sebanyak 28 SMP mengikuti Tryout yang diprakarsai GAMKI Samosir.

"Program ini sangat baik dan kami mendukung sehingga program ini bukan hanya cukup sekali, dan harapan kami program ini berkelanjutan. Kami mengajak semua organisasi atau lembaga untuk berpartisipasi sehingga mutu pendidikan semakin baik ke depannya," katanya.

Sementara itu, Ketua DPC GAMKI Kabupaten Samosir Rinaldi Naibaho mengatakan, Gerakan Angkatan Muda Kristen ini beranggotakan pemuda pemudi Gereja dan dan punya tanggungjawab untuk bersama-sama membangun pendidikan di Samosir.

"Kita tidak mencari siapa juara siapa pemenang, tetapi untuk mengasa kemampuan siswa kita dalam menuju SMA unggulan. Masa depan Samosir 10-20 tahun ke depan ada pada adek adek semua. Untuk itu kami ucapkan selamat beruji kompetensi adek adek kami, semoga menjadi awal yang baik untuk modal nanti di ujian sesungguhnya," pungkas Rinaldi.

Masih di lokasi yang sama, Ketua DPD GAMKI Sumatera Utara Darwin Sitompul menyampaikan terimakasih kepada DPD GAMKI Samosir yang telah memprakarsai pendidikan di Samosir.

"Semua kita butuh pendidikan, jadi kami harapkan dengan kegiatan ini nantinya anak anak kami bisa menjadi pemimpin bangsa di kabupaten samosir ini. Namun semua itu tak lepas dari dari doa orang tua. Jadi tetap patuh kepada orang tua dan tetap belajar," ujar Darwin.

Darwin juga berpesan agar anak anak didik menjauhi narkoba. Menurutnya, penyebaran narkoba saat ini telah memprihatinkan bahkan telah merambah ke daerah daerah.

"Jangan coba coba dan jauhi narkoba," katanya 

Kepada para guru, dia berpesan agar memperlihatkan hal yang baik kepada siswa. Menjadi panutan dan contoh terutama dalam hal perilaku. "Jangan merokok di lingkungan sekolah. Guru harus bisa menunjukkan hal yang baik kepada murid. Harapan kami inilah yang dilakukan para guru, karena guru harus bisa menjadi contoh," pinta Wakil Bupati Tapanuli Tengah non-aktif ini.

Perlu diinformasikan, kegiatan tryout ini diprakarsai oleh GAMKI Kabupaten Samosir bekerjasama dengan Bimbingan Belajar Talenta dan Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir. Kegiatan dibuka Asisten I Pemerintahan Kabupaten Samosir Tunggul Sinaga dan dihadiri anggota GAMKI Samosir, para siswa dan anggota GAMKI Tapanuli Tengah.