Notification

×

Iklan

Iklan

Objek Wisata Sibeabea Makin Tertata, PUPR Cipta Karya Sumut Tinjau Proyek Pekerjaan Penataan

Kamis, 26 Januari 2023 | 21:18 WIB Last Updated 2023-01-26T14:18:31Z

Kabar Center

Pihak PUPR Cipta Karya Sumut turun langsung meninjau Proyek Pekerjaan Penataan Sibeabea KSPN Danau Toba yang dikerjakan Kontraktor Pelaksana CV Permata Kasih.

Rombongan didampingi Wakil Direktur Gerhad Zeremia Ginting, di Sibeabea Turpuk Sihotang Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Kamis (26/1/2023).

Proyek Sibeabea yang bersumber dari dana Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Cipta Karya Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumatera Utara Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah III Sumatera Utara, kini semakin terlihat rapi. 

Selain pembangunan Gedung Siosio (tempat beristirahat sambil memandang Danau Toba) yang dilengkapi dengan fasilitas yang lumayan, juga membangun toilet, lokasi parkir, perbaikan taman, pembuatan tangga disekitar patung, perbaikan jalan, pembuatan pos untuk tiketing masuk Sibeabea dan gerbang utama dipintu masuk objek wisata Sibeabea.

Tim PUPR Cipta Karya Sumut yang turun ke lokasi melakukan pengecekan secara menyeluruh dan hanya memberi arahan kepada pihak kontraktor agar tetap melakukan pemeliharaan sampai serah terima nanti pada tanggal 1 Pebruari mendatang.

Zeremia selaku Wakil Direktur Kontraktor  Pelaksana CV Permata Kasih pun menyanggupi terkait finishing penataan Sibeabea. "Meski perubahan gambar kerap terjadi dan disesuaikan demi keindahan objek wisata Sibeabea ini," katanya.

Selaku pengawas dan penanggungjawab lapangan Pak Subur juga membantah jika proyek ini disebut mangkrak. 

"Mangkrak itu kan tidak dikerjakan lagi dan ditinggalkan pemborongnya. Lho, kami saban hari di sini dan kejar target sesuai perintah, sehingga pengerjaan ini dapat finishing setelah di adendum Desember lalu. Jadi kami bertanggungjawab penuh dalam melaksanakan pekerjaan ini dan sudah rampung," ungkap Subur.

Sekedar informasi, Sibeabea dikenal dengan bagunan jalan bekelok mirip angka 8 dan Patung Yesus hingga kini belum selesai. Pengerjaan patung ini terkesan lambat.

"Inilah yang kami khawatirkan lagi. Setelah penataan Sibeabea ini sudah cukup bagus tetapi patung ini tak kunjung selesai, mirislah," kata M Sagala (50) di salah satu warung perkampungan Harianboho, sebelum masuk Sibeabea.

Padahal katanya, dia mendapat informasi bahwa dermaga mini akan dibangun di pantai Sibeabea untuk mempermudah akses wisatawan yang datang sambil naik speedboad atau kapal. Terlebih Jembatan Tano Ponggol sudah selesai dibangun dan akan diresmikan Jokowi.

"Kami berharap cipratan pengunjung ke Sibeabea akan semakin menggeliat dan warga disini siap menyambut wisatawan kita itu," pungkas B.Limbong warga lainnya.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini