Ganjar Pranowo Nyatakan Siap Maju Capres 2024, Relawan Tunggu Arahan Jokowi

G.M
Rabu, 19 Oktober 2022, 18:27 WIB Last Updated 2022-10-19T11:27:50Z

Ganjar Pranowo

KABARCENTER.com

Sekjen Kornas-Jokowi Akhrom Saleh mengakui bila sosok Ganjar Pranowo memiliki kemiripan dengan Joko Widodo. 

"Sebagai bagian dari loyalis Presiden Jokowi tentu Ganjar Pranowo secara natural mirip-mirip dengan figur Pak Jokowi," ujar Akhrom Saleh kepada wartawan, Rabu (19/10/2022).

Pernyataan Ganjar mengenai sikapnya untuk maju menjadi Capres 2024, menurut Akhrom adalah hak konstitusi setiap warga negara. Dia kemudian menyinggung soal kuda politik yang menjadi syarat wajib untuk maju di Pilpres.

"Terkait pernyataan Ganjar Pranowo saya kira sah ya sebagai warga negara yang memiliki hak konstitusi untuk dicalonkan atau mencalonkan diri. Namun kita menghargai sebagai prasyarat untuk pencalonan diri sebagai capres tentu harus melalui mekanisme partai politik," ujarnya.

Kendati begitu, Akhrom mengatakan pihaknya masih terus menunggu arahan Jokowi soal dukungan terhadap figur capres di 2024. 

"Namun demikian secara sikap tentu kami Kornas-Jokowi masih menunggu arahan Presiden Jokowi. Kami masih tegak lurus apa yang diperintahkan beliau 'ojo kesusu'," katanya.

Mengenai kecocokan Ganjar menjadi suksesor Jokowi, Akhrom menyoroti proyek mercusuar Jokowi yakni pemindahan ibu kota negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Akhrom menyebut siapapun figur yang nantinya menjadi presiden, harus tunduk pada undang-undang termasuk UU IKN.

"Bicara cocok dan tidak saya kira siapapun figur nanti diharapkan dapat meneruskan program yang baik dari Presiden Jokowi, misalnya seperti Ibu Kota Nusantara (IKN)," katanya.

"Artinya siapa pun presidennya nanti harus tunduk dan menjalankan amanat UU, tentunya amanat UU tentang IKN wajib dijalankan oleh siapapun presidennya, apalagi UU tersebut baru saja disahkan sebagai ibu kota negara yang baru," lanjut dia.

Ganjar Pranowo melontarkan pernyataan soal kesiapannya maju capres di Pilpres 2024. Ganjar berkode siap mendedikasikan dirinya untuk bangsa dan negara.

Hal itu dikatakannya pada sebuah wawancara yang dilakukan stasiun TV swasta.

"Kalau untuk bangsa dan negara apa sih yang kita tidak siap," ujar Ganjar dikutip, Selasa (18/10).

Ganjar melanjutkan, semua anggota partai harus siap jika memang diusung menjadi presiden. Menurut Ganjar, setiap partai pasti memilih anak-anak bangsa terbaik yang bisa memimpin Indonesia ke depan.

"Ketika partai sudah membahas secara keseluruhan dan dia akan mencari anak-anak bangsa yang menurut mereka terbaik, menurut saya semua orang mesti siap soal itu," katanya.

Dalam hal ini Ganjar menekankan pentingnya etika politik saat bernaung di suatu partai. Di samping itu, kata Ganjar, suara rakyat juga menjadi pertimbangan partai dalam menentukan calon pemimpin bangsa.

"Maka kenapa di awal sebagai etik politik tentu saja kami sangat menghormati satu PDI Perjuangan sebagai partai saya, dua relasi yang dibangun oleh partai-partai yang sekarang sedang berbincang dan yang kedua tentu terkait dengan realitas yang ada di survei dan kemudian semua orang memperbincangkan. Kan suara rakyat juga tidak boleh diabaikan," tuturnya.

Oleh karena itu, Ganjar memilih untuk memberikan kesempatan kepada partai untuk berdialog dan berkomunikasi untuk menentukan Capres yang akan diusung. Menurut Ganjar, dialog dan komunikasi itu menciptakan keputusan terbaik.

"Realitas survei yang memang itu ada. Maka biarkanlah kita kasih kesempatan kepada partai yang menentukan untuk mereka berdialog, mereka berkomunikasi, untuk mengambil yang terbaik. Simpel kan," katanya. (dtc/kc5)

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+