Musim Kemarau, Warga Ronggurnihuta Mohon Bantuan Pemkab

JM
Kamis, 21 Juli 2022, 00:22 WIB Last Updated 2022-07-20T17:22:50Z

Petugas pemadam melakukan pendistribusian air bersih ke Kecamatan Ronggurnihuta pada saat situasi musim Kemarau di Samosir.

KABARCENTER.com

Hampir 2 bulan terakhir masyarakat yang berada di daerah pegunungan seperti Kecamatan Ronggurnihuta Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara mengalami kesulitan air bersih, setelah sumber mata air mulai mengering akibat kemarau yang melanda sejak awal akhir Mei 2022.

"Hampir 2 bulan kami merasakan kesulitan air, untuk keperluan mandi, cuci, dan kakus (MCK) serta lainnya. Karena sumber air yang ada sudah hampir kekeringan," kata seorang ibu yang tidak mau disebutkan namanya, yang merupakan warga Desa Ronggurnihuta Kecamatan Ronggurnihuta, Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara, Rabu (20/07).

"Meski Kami warga Desa sudah biasa jika musim kemarau kesulitan air bersih karena penampungan air hujan yang ada dirumah kami masing - masing sudah mulai kering dan bahkan sudah habis, tapi untuk saat ini kami mohon dibantu," tambahnya. 

Tak jarang masyarakat kata Warga, harus membeli air dengan harga Rp 350.000,- / tangki 1000 L. 

"Bahkan kadang kami harus membeli air dengan harga yang cukup mahal sekitar Rp 350.000/ tangki yang 1000 L. Itu pun jarang datang. Ya kalau ada bantuan dari pemerintah air bantuan cukup - cukup untuk air minum aja," ungkapnya. 

Dia berharap agar pemerintah kabupaten dapat memperhatikan masyarakat yang ada  di daerah pegunungan. 

"Tolong lah Pak Bupati bantu kami masyarakat yang di 'dolok-dolok' (pegunungan) ini agar dapat menikmati air bersih bila musim kemarau," katanya.

Di konfirmasi melalui WA pribadi, Bresman Simbolon selaku Camat Ronggurnihuta menyatakan bahwa Pemerintah Kecamatan Ronggurnihuta bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Samosir dan Kantor Satpol PP Kabupaten Samosir melalui Pemadam Kebakaran, telah melakukan pendistribusian Air Bersih di Desa Sabungannihuta dan dan Desa Ronggurnihuta untuk keperluan air bersih rumah tangga, akibat kemarau yang berkepanjangan.

"Kami Pemerintah Kecamatan Ronggurnihuta bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Samosir dan Kantor Satpol PP Kabupaten Samosir melalui Pemadam Kebakaran, telah melakukan pendistribusian Air Bersih di Desa Sabungannihuta dan dan Desa Ronggurnihuta untuk keperluan air bersih rumah tangga, akibat kemarau yang berkepanjangan," kata Bresman Simbolon selaku Camat Ronggurnihuta. 

"Semoga pendistribusian air bersih ini bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan," pungkas Bresman. (*/Kc10).

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+