TNI-Polri Dukung Pembukaan Objek Wisata Bumdes Aek Sipitudai

Kabar Center
Senin, 15 November 2021, 08:55 WIB Last Updated 2021-11-15T01:55:04Z


KABARCENTER.com

Pemerintah Desa Aek Sipitudai mengelar rapat tentang pembukaan objek wisata Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Aek Sipitudai di Desa Aek Sipitudai Kecamatan Sianjur Mula-mula Minggu (14/11).

Rapat tersebut dipimpin langsung Kepala Desa Aek Sipitudai Jenry Limbong serta dihadiri Kapolsek Harian Boho AKP Herman Meilala, Babinsa Ramil 04/HB Serda Riduan Pagan, Pemuka Adat, Ketua BPD, Perangkat desa dan Masyarakat desa setempat.

Pada lesempatan itu, Kepala Desa Aek Sipitudai Jenry Limbong mengatakan pengembangan desa wisata dianggap menjadi salah satu agenda pembangunan nasional yang cukup efektif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa. 

Program pengembangan desa wisata lanjut dia, dianggap berhasil untuk menekan urbanisasi (perpindahan) orang dari desa ke kota. 

"Ke depan, kami juga melihat bahwa pengembangan desa wisata akan menjadi salah satu upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat. Namun keberhasilannya juga tergantung kepada dukungan masyarakat desa. Masyarakat akan menjadi pelaku utama baik dari sisi perencanaan, pengawasan, dan implementasi," kata Jenry.

Dengan adanya pengembangan desa wisata di Desa Aek Sipitudai diharapkan menjadi pemacu munculnya potensi objek wisata lainnya. 

Sementara itu, Kapolsek Harian Boho AKP Herman Meilala menambahkan dalam proses merintis desa wisata, masyarakat lokal berperan penting dalam pengembangan desa wisata karena sumberdaya, keunikan tradisi dan budaya yang melekat pada masyarakat yang merupakan unsur penggerak utama kegiatan di desa wisata.

"Kita harapkan partisipasi dan kerjasama semua elemen dalam mengembangkan desa wisata," katanya.

Masih ditempat yang sama, Babinsa Ramil 04/HB Serda Riduan Pagan mengatakan Bumdes adalah sarana dalam memajukan ekonomi desa yang telah disediakan sebagai wadah bagi masyarakat. 

"Tujuannya menggali menggali potensi di desa, mengoptimalkan aset desa, dan membuka lapangan kerja," ujar Serda Pagan.

"Sebagai Babinsa yang selama ini menjadikan Kepala Desa sebagai mitra. kami siap membantu dan mendukung program pembangunan yang telah direncanakan oleh pemerintah desa," pungkasnya. (BP)

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+