Bantah Melarikan Diri, Mantan Wapres Afghanistan Sebut Masih di Panjshir

Pio
Minggu, 05 September 2021, 16:11 WIB Last Updated 2021-09-08T06:43:34Z


Kabar Center

Mantan wakil presiden Afghanistan, Amrullah Saleh membantah dirinya melarikan diri dari negaranya. Dia menyebut saat ini dia masih berada di Lembah Panjshir, provinsi terakhir yang dilaporkan jatuh ke tangan Taliban.

Saleh mengirim video ke BBC untuk membantah laporan dia melarikan diri.

“Saya berada di Lembah Panjshir. Laporan terkait pelarian diri saya dari Afghanistan sangat tidak berdasar,” katanya, melansir dari laman BBC, Minggu (5/9).

“Saya berada di sini. Kami melakukan beberapa pertemuan terkait situasi. Tidak dipungkiri situasinya memang sulit,” tambahnya.

Taliban mengklaim telah merebut Panjshir, namun klaim tersebut dibantah pasukan perlawanan di Pansjhir, yang menjadi markas anti Taliban sejak puluhan tahun lalu.

Saleh mengakui Panjshir berada di bawah invasi Taliban dan sekutunya, Al Qaida, termasuk kelompok teroris dari kawasan tersebut dan dari luar, seperti dari wilayah Pakistan.

Saleh juga mengatakan pihaknya telah turun ke lapangan dan melakukan perlawanan. Dia memastikan pasukan perlawanan tidak akan menyerah dan tidak akan tunduk pada terorisme.

“Dan akan terus berlanjut. Ada kesulitan-kesulitan. Tapi saya belum kabur, saya belum melarikan diri. Jadi saya ingin memastikan kepada Anda melalui video ini bahwa apapun yang dikatakan saat ini, saya terluka atau saya melarikan diri, tidak berdasar. Berita palsu,” katanya. (Kc4/*)

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+