TNI Ikut Mediasi Permasalahan Tanah di Desa Pardugul

G.M
Senin, 10 Mei 2021, 14:20 WIB Last Updated 2021-05-31T15:53:46Z

Mediasi di Kantor Kepala Desa Pardugul.

Kabar Center - Samosir

TNI melalui Babinsa Koramil 03/Pangururan ikut melakukan mediasi permasalahan tanah warga di Desa Pardugul Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Senin (10/05).

Mediasi yang dilaksanakan di Kantor Kepala Desa Pardugul itu juga diikuti Camat Pangururan Beresma Simbolon, Kepala Desa Gunawan Sinurat, bhabinkamtibmas Polsek Pangururan Aipda HL. Situmorang dan Tokoh Masyarakat setempat.

"Mediasi dilakukan sebagai upaya penyelesaian sengketa tanah di luar pengadilan dengan mengutamakan cara-cara musyawarah untuk mencapai mufakat. Kita ingin persoalan seperti ini jangan sampai ke ranah pengadilan dan selesai secara damai," kata Babinsa Serda T. Sitinjak.

Kepala Desa dan pihak kecamatan juga sudah melakukan upaya dengan mempertemukan kedua belah pihak agar dapat menyelesaikan persoalan tanah tersebut dengan cara kekeluargaan.

"Apalagi yang sedang bertikai masih ada ikatan kekeluargaan. Prinsip Dalihan Natolu digunakan agar keduanya tetap bermusyawarah untuk mencapai keputusan tanpa harus ada yang dirugikan," ungkap Serda T. Sitinjak.

Namun dari hasil mediasi yang dilakukan, kedua belah pihak antara G. Sinurat dan A. Sinurat tidak mau berdamai dan memilih jalur hukum atau ke pengadilan. 

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+