Wanita Ini Masuk Nominasi Sekretaris Angkatan Darat Amerika Serikat

G.M
Selasa, 13 April 2021, 19:08 WIB Last Updated 2021-04-13T12:08:53Z
Christine Wormuth (tengah)

Kabar Center

Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah mencalonkan Christine Wormuth untuk menjabat sebagai sekretaris Angkatan Darat.

Melansir ABC News, Selasa (13/04), Wormuth yang pernah menjabat sebagai pejabat kebijakan tertinggi Pentagon di masa terakhir pemerintahan Obama akan menjadi wanita pertama yang menjabat di posisi itu.

Untuk nominasi posisi kedua teratas yakni mantan Wakil California Gil Cisneros menjadi wakil menteri pertahanan dan Susanna Blume menjabat sebagai direktur Penilaian Biaya dan Evaluasi Program (CAPE).

Wormuth pernah menjabat sebagai direktur kebijakan pertahanan di Dewan Keamanan Nasional selama pemerintahan Obama.

Wormuth baru-baru ini bekerja sebagai direktur Pusat Kebijakan Keamanan dan Pertahanan Internasional di Rand Corporation dan merupakan sosok berpengaruh dalam tim transisi Biden di Pentagon sebagai koordinator Tim Peninjau Badan Pertahanan Biden-Harris.

"Christine adalah seorang patriot sejati dengan karir yang berdedikasi dalam pelayanan kepada Amerika dan keamanan negara kita," kata Menteri Pertahanan Lloyd Austin dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan saat dia melakukan perjalanan di Berlin.

Sebagai mantan Wakil Menteri Pertahanan untuk Kebijakan, Lloyd Austin menyebut Christine memajukan kampanye anti-ISIS di departemen dan penyeimbangan kembali ke Asia, dan keahliannya yang mendalam akan sangat penting dalam menangani dan menentukan ancaman global saat ini.

"Saya yakin, jika dikonfirmasi, dia akan memimpin tentara kita dan mewakili keluarga mereka dengan kehormatan dan integritas sebagai Sekretaris Angkatan Darat," lanjutnya.

Pemerintahan Biden terlambat dalam menunjuk pejabat tinggi di beberapa badan keamanan nasional, terutama di Pentagon.

Hingga pencalonan Wormuth minggu ini, belum ada kepala sipil dinas militer yang dicalonkan oleh Gedung Putih.

Tiga nominasi Pentagon pada hari Senin termasuk dari sekian banyaknya nominasi keamanan nasional ada Christy Abizaid untuk menjadi direktur National Counterterrorism Center berikutnya.

"Mempertahankan bangsa kita dari musuh asing dan domestik membutuhkan tim yang sangat berpengalaman dan cakap yang didasarkan pada komitmen terhadap cita-cita bangsa kita dan pemahaman yang tajam tentang tantangan besar yang dihadapi angkatan bersenjata kita hari ini," kata Austin.

"Christine Wormuth, Gil Cisneros dan Susanna Blume mewakili beberapa dekade sebagai keahlian gabungan dalam keamanan nasional, dan kami diposisikan untuk menghadapi krisis yang kami hadapi saat ini dan mempersiapkan diri untuk ancaman di masa depan," lanjutnya. 

Austin mendesak Senat agar segera mengkonfirmasinya, sehingga mereka dapat melaksanakan pekerjaannya.


Baca juga:

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+