Manfaat Budaya Antre Bagi Anak-Anak, Modal Untuk Selamanya

Kabar Center
Sabtu, 03 April 2021, 20:37 WIB Last Updated 2021-05-31T15:53:46Z

Semangat anak-anak ketika mengantre | IST

Kabar Center - Samosir

Mengantre menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah berdiri dalam deretan memanjang sambil menunggu giliran untuk dilayani atau mengambil (membeli dan sebagainya) sesuatu.

Kondisi antre ini juga pasti kerap kita temui dalam beberapa situasi atau kondisi. Sebut saja, ketika berada di bandara, terminal bahkan dalam pesta pun pernah kita melihat antrean.

Malam ini, Sabtu (03/04), penulis menerima sebuah foto dari tetangga. Dalam foto itu terlihat anak-anak sedang mengantre untuk mendapatkan makanan. Mungkin atas perintah orangtua setempat, anak-anak tersebut cukup rapi dan disiplin mengantre.

Lalu apa manfaat dari budaya mengantre bagi anak-anak?


Membiasakan diri mengantre bagi anak-anak dapat menjadikannya pribadi yang disiplin, tertib dan rapi. Kemudian karakter yang paling penting terbentuk nantinya adalah sifat penyabar.

Dalam mengantre, anak-anak akan diproses berpikir agar disipilin dalam mengatur waktu. Apabila ingin cepat, mereka (anak-anak) akan lebih mawas dalam waktu untuk bertindak agar lebih dahulu mendapatkan sesuatu.

Kemudian, meski kalah dalam waktu, mengantre akan mengajarkan anak-anak untuk tertib dan rapi. Sebagaimana baris berbaris, mereka akan mengatur barisan dalam antrean agar tidak mendapat teguran dari siapapun yang akan membuat mereka menjadi malu.

Selanjutnya adalah karakter terpenting dalam hidup, yakni kesabaran. Perlu diketahui, bahwa kesabaran akan membawa dampak positif yang luar biasa bagi seseorang.

Mengantre membuat anak-anak untuk lebih bersabar mendapatkan apa yang mereka inginkan. Dari situ, sifat sabar yang telah diterapkan dalam budaya antre akan membuatnya dapat mengendalikan dirinya dan tak terpengaruh oleh keadaan.

Meski jauh dalam baris antrean, kesabaran akan membuat anak-anak tetap tenang dalam bertindak. Santai dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Bukan itu saja, sifat penyabar juga sangat disukai oleh semua orang.

Sehingga, karakter yang terbentuk ketika membiasakan anak-anak untuk mengantre akan sangat berguna dalam kehidupan mereka, bahkan menjadi modal selamanya bagi anak-anak. (MS)

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+