Notification

×

Iklan

Iklan

Serap Aspirasi Masyarakat, Anggota DPRD Samosir Reses di 3 Dapil

Kamis, 19 November 2020 | 17:23 WIB Last Updated 2020-11-19T10:25:21Z

Kabar Center - Samosir

Seluruh anggota DPRD Samosir melaksanakan Reses di tiga daerah pemilihan (dapil) di Kabupaten Samosir, Kamis (19/11). Ketiga dapil tersebut diantaranya, Kecamatan Simanindo (II), Pangururan (I) dan Kecamatan Nainggolan (III).

Para anggota legislatif tersebut melakukan reses untuk menyerap aspirasi masyarakat yang selanjutnya akan diperjuangkan untuk menjadi sebuah kebijakan atau program pembangunan. Informasi menyebutkan, reses ini merupakan reses terakhir di Tahun 2020. 

Reses yang digelar di Kecamatan Simanindo dihadiri oleh Camat, Kepala Desa, BPD, Uspika, tokoh masyarakat, penyuluh pertanian, dokter , masyarakat dan insan pers. 

Pada kesempatan itu, Camat Simanindo Hans Ricardo Sidabutar menyampaikan dan mengajak undangan untuk menyampaikan aspirasi atau usulan program pembangunan kepada anggota DPRD. 

Anggota DPRD Samosir Rismawati Simarmata yang didaulat sebagai Pimpinan Rapat berharap agar semua warga/konstituen menyampaikan apa yang menjadi kebutuhan ataupun kekurangan dalam proses pelaksanaan Pembangunan.

"Hal mana saja yang perlu kita benahi bersama kami siap mendengar Aspirasi Bapak dan Ibu," kata Rismawati. 

Beberapa aspirasi maupun permasalahan masyarakat di desa diantaranya kelangkaan pupuk, kekurangan bidan desa, pemberdayaan penyuluh pertanian, pembangunan Infrastruktur yang belum merata, pengelolaan sampah, pembukaan jalan usaha tani, pemusnahan ikan lohan sebagai predator Ikan Mujahir, pengembangan pertanian jenis Umbian Porang dan pemberian bantuan permodalan kepada kelompok masyarakat. 

Masyarakat pinggiran Danau Toba Desa Garoga, Cinta Dame, Tomok dan yang lainnya menyampaikan, jika keberadaan Ikan Loham telah mengakibatkan berkurang pendapat atau hasil tangkapan ikan oleh nelayan. Sehingga mereka berharap ada penelitian untuk memusnahkan ikan lohan tersebut. 

Sama hal pengadaan pupuk masih langka sehingga membuat warga berharap agar kuota pupuk dapat ditambah. 

Menanggapi berbagai aspirasi tersebut Anggota DPRD Dapil II menyampaikan bahwa semua aspirasi telah dicatat dan akan segera ditindaklanjut dengan mengundang Dinas terkait untuk mencari solusi atas permasalahan ini. 

"Kita akan segera menjadwalkan rapat kerja bersama SKPD terkait," ujar Parluhutan Samosir. 

Sementara anggota DPRD Samosir lainnya Paham Gultom mengatakan, pihaknya telah menyampaikan aspirasi reses sebelumnya terkait beberapa pembangunan insfrastruktur yang akan dilaksanakan di Tahun 2021.

"Aspirasi tersebut diantaranya, Penataan Halaman Gereja HKBP Garoga, Peningkatan Jalan Sidaji Menuju Sinapuran, Peningkatan Jalan di Tomok, Desa Unjur dan lainnya. Ini bentuk komitmen kami sebagai wakil rakyat untuk memperjuangkan aspirasi dari saudara-saudara kami di dapil II ini," ujar Paham Gultom. (Kc4)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini