Notification

×

Iklan

Iklan

Melek Covid-19 dan Praktik Nyata Protokol Kesehatan

Rabu, 07 Oktober 2020 | 20:22 WIB Last Updated 2023-12-06T02:44:43Z
Kadis Kominfo Rohani Bakara menyuarakan imbauan kepada warga melalui pengeras suara terkait pencegahan COVID-19

Kabar Center - Samosir

Dalam kurun waktu kurang lebih tujuh bulan, masyarakat telah banyak belajar tentang Covid-19--mulai dari apa itu Covid-19, proses penularan, gejala, pencegahan, pengendalian, dan penanganannya. 

Idealnya, melek Covid-19 dan pelaksanaan protokol kesehatan berjalan simetris namun pada praktiknya tidaklah demikian. Praktik sederhananya adalah semua masyarakat sudah: (a) pakai masker, (b) sering cuci tangan pakai sabun/hand sanitizer, dan (c) jaga jarak interaksi (1 s.d. 2 meter) ketika melakukan aktivitas di luar rumah. 

Melek Covid-19 tidak serta merta juga mempraktikkan protokol kesehatan untuk mencegah, mengendalikan, dan menangani dampak yang diakibatkan. Cara terbaik untuk praktik protokol kesehatan ini adalah intensifikasi upaya-upaya pengingatan kembali akan pentingnya protokol kesehatan dan harus menjadi gerakan masif yang dimulai dari keluarga, lingkungan, desa, kecamatan, dan kabupaten. 

Juru Bicara Satgas Gugus Tugas Covid-19 Rohani Bakara, Rabu (07/10) melalui WA mengatakan Keseimbangan antara melek Covid-19 dan praktik protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari adalah tujuan bersama.

"Oleh karena itu, mari kita masing-masing meneledankannya dalam setiap aktivitas sehari-hari hingga orang-orang di sekitar kita yang tidak mematuhi protokol kesehatan menjadi sadar pentingnya protokol kesehatan ketika melihat jauh lebih banyak orang yang mematuhi protokol kesehatan daripada mereka yang tidak. Ada kesadaran bersama akan potensi bahaya dan tindakan pencegahan secara serentak," terangnya.

GTPP Covid-19 Samosir lanjut Rohani, mengharapkan melek Covid-19 dan praktik protokol kesehatan berjalan ideal di Kabupaten Samosir. 
Peta pemantauan

"Hal ini, tentu saja, memerlukan kerja sama semua pihak untuk mewujudkannya dalam praktika hidup sehari-hari. Imbauan demi imbauan tetap akan disuarakan oleh GTPP Covid-19 Samosir selama pandemi dengan harapan membawa dampak nyata yaitu terjadinya keselarasan antara melek Covid-19 dan praktik protokol kesehatan di seluruh wilayah Samosir," kata Rohani.

Menurutnya, bukan saja hanya pada melek Covid-19 dan praktik nyata protokol kesehatan, seluruh elemen masyarakat juga diharapkan mendukung sepenuhnya upaya-upaya Pemerintah dalam mencegah, mengendalikan, dan menangani dampak pandemi Covid-19 dengan prinsip Pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat untuk tetap memberikan solusi terbaik yaitu keutamaan keselamatan masyarakat seraya memulihkan perekonomian yang sudah tergerus selama menangani pandemi Covid-19.

"Mari kita selaraskan melek Covid-19 dengan praktik nyata protokol kesehatan selama pandemi dengan optimis vaksin akan tersedia dan pemulihan ekonomi dapat dilakukan dengan segera dengan menggerakkan seluruh daya dan upaya secara kolektif," pungkasnya. (Rel/Pio)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini