Berani Melawan Begal Bercelurit, Emak-emak di Bekasi Dapat Penghargaan

JM
Jumat, 31 Juli 2020, 08:03 WIB Last Updated 2020-09-24T05:14:39Z

Kabar Center - Bekasi

Seorang emak-emak di Bekasi, Jawa Barat, menjadi viral lantaran aksinya yang berani melawan begal bercelurit yang hendak merampas motornya. Wanita bernama Dwi Wulan itu pun mendapatkan penghargaan dari Polres Metro Bekasi atas keberaniannya melawan begal.

"Kami memberi penghargaan kepada beliau atas keberaniannya melawan begal yang menimpa dirinya," kata Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Hendra Gunawan, Kamis (30/7/2020).

Penghargaan yang berupa piagam dan sejumlah uang itu diserahkan ke Dwi Wulan pada Kamis (30/7) sore. Hendra mengapresiasi keberanian Dwi Wulan, terutama saat mengambil celurit dari tangan pelaku.

"Kalau kita lihat detik-detiknya begitu, celurit dari tangan pelaku langsung diambil lagi tanpa jatuh ke lantai dulu," ujar Hendra.

Hendra menyebut Dwi Wulan berprofesi sebagai driver ojek online. Ia sama sekali tidak memiliki latar belakang seni bela diri.

"Itu (melawan begal) reflek," imbuh Hendra.

Hendra memastikan Dwi Wulan tidak terluka. Namun, Dwi hanya mengalami tegang urat usai bergulat dengan pelaku.

Baca juga: Sempat Viral 'Jari Putus Akibat di Begal', Poldasu Ungkap Kasus Sebenarnya

Hendra berpesan kepada masyarakat untuk tidak perlu nekat melawan pelaku kejahatan terutama yang membawa senjata tajam. Akibatnya, bisa fatal jika warga tak memiliki seni bela diri yang mumpuni.

Polisi masih menyelidiki kasus ini. Kedua pelaku masih dalam pengejaran. "Masih diusut," katanya.

Sebuah video yang menampilkan aksi emak-emak melawan begal bercelurit viral di media sosial. Aksi heroik tersebut terekam CCTV.

Dalam video yang beredar, terlihat seorang pelaku begal sedang bergelut dengan emak-emak. Terlihat sepeda motor yang diduga milik emak-emak itu tergeletak. Pelaku tampak membawa celurit.

Setelah mendorong korban, pelaku melarikan diri. Pelaku berlari menuju rekannya yang sudah menunggu di atas motor. Namun emak-emak itu tetap mengejar dan menarik pakaian pelaku. Pergulatan pun terjadi kembali.

Emak-emak itu berhasil mengambil kaos pelaku. Hebatnya, celurit pelaku juga berhasil direbut korban. Karena terdesak, pelaku melarikan diri ke arah rekannya yang sudah menunggu di atas motor.

Selanjutnya terlihat 3 pemuda yang menghampiri emak-emak itu. Emak-emak itu lalu menyerahkan celurit pelaku dan memberikannya kepada salah satu pemuda. Dua pemuda mengejar pelaku kemudian salah satu pemuda menolong emak-emak itu. (dtc/kc5)

Komentar

Tampilkan

Terkini

KOLOM PENULIS