PPK di Surabaya Akan Aktif per 15 Juni 2020

G.M
Minggu, 14 Juni 2020, 15:11 WIB Last Updated 2020-06-14T08:11:25Z

Kabar Center - Surabaya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya menjadwalkan pengaktifan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkada Surabaya 2020 pada 15 Juni mendatang.

"Hingga kini KPU Surabaya menunggu nama-nama sekretaris PPK serta dua staf untuk sekretariat PPK, serta nama sekretaris PPS dan dua staf untuk sekretariat PPS," kata anggota KPU Surabaya Soeprayitno di Surabaya, Minggu.

Menurutnya, nama-nama Sekretaris PPK dan PPS tersebut berdasar usulan dari camat dan lurah, selanjutnya ditindaklanjuti melalui Surat Keputusan (SK) dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan KPU Kota Surabaya.

Anggota KPU Surabaya Bidang Divisi Hukum dan Pengawasan ini menjelaskan bahwa tugas sekretariat salah satunya adalah mengelola anggaran.

"Kami berterima kasih dengan Pemkot Surabaya yang terus mengawal dan menindaklanjuti koordinasi pembentukan sekretariat PPK dan PPS," ujarnya.

Selain pengaktian PPK dan pelantikan PPS, lanjut dia, KPU Surabaya siap melanjutkan tahapan lain yang sempat tertunda akibat pandemi virus corona jenis baru atau COVID-19.

Tahapan tersebut adalah verifikasi faktual syarat dukungan bakal calon perseorangan, pembentukan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) serta pencocokan dan penelitian data pemilih.

Ia menyebutkan pilkada serentak 2020 akan digelar di 270 wilayah di Indonesia meliputi sembilan provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota. Tentunya, lanjut dia, hal ini terus ditindaklanjuti masing-masing KPU setempat.

Terlebih seiring dengan kesimpulan Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi II DPR RI, KPU RI, Bawaslu RI, DKPP, Kemendagri yang menyebut pelaksanaan pemilihan digelar pada 9 Desember 2020.

Bersamaan itu, kata dia, tiap KPU yang akan menggelar pemilihan diamanatkan menghitung kebutuhan anggaran alat pelindung diri (APD) guna pelaksanaan pemilihan dengan protokol COVID-19.

Termasuk menghitung jumlah pemilih yang ideal dan mengedepankan protokol COVID-19 untuk tiap tempat pemungutan suara (TPS). (Ant)
Komentar

Tampilkan

Terkini

KOLOM PENULIS