Program 'SOBAT', PT. United Tractors Jalin Kesepakatan Dengan SMK N. 2 Batang Toru

JM
Jumat, 21 Februari 2020, 11:14 WIB Last Updated 2020-02-21T04:14:00Z
SMK N. 2 Batang Toru | sumber foto: facebook
Kabar Center - Batang Toru

PT. Agincourt Resources (AR), yang merupakan pengelola Tambang Emas Martabe anak perusahan dari PT. United Tractor menginisiasi kerjasama dengan pihak sekolah SMK N. 2 Batang Toru dalam program Sekolah Binaan United Tractor (SOBAT).

Kesepakatan atau "MoU" itu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tersebut. Kedua belah pihak menandatangani MoU itu di sekolah SMKN 2 Batang Toru, Jumat (21/02).

Direktur operasional PT AR, Darryn McClelland menyampaikan, mutu pendidikan perlu ditingkatkan untuk menghadapi revolusi 4.0 serta mempersiapkan daya saing tenagakerja pasar global.

"Oleh karena itu, untuk mendukung penuh program pemerintah, PT.AR dengan United Tractors melalui program Sekolah Binaan United Tractor (SOBAT) turut ambil bagian dengan menargetkan SMKN2 Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan sebagai sekolah binaan khususnya untuk Kejuruan Teknik Alat Berat," ujarnya.

Sobat adalah program yang dibuat untuk membantu pendidikan teknik Sekolah Menengah Kejuruan yang bertujuan meningkatkan kualitas para guru dan murid. Selain itu program ini pun untuk mempersiapkan transformasi sekolah-sekolah agar dapat bersaing dalam Dunia Usaha dan Dunia Industri.

"Adapun kolaborasi Unit Tractors dan PT.AR dalam pengembangan program pendidikan ini fokus pada penhembangan software dan brainware, sementara PT.AR fokusnya pembinaan hardware," katanya.

Program penting dalam "MoU" ini diantaranya, Pendampingan dan Penguatan Sinkronisasi Kurikulum yang Link and Match dengan dunia usaha/dunia insdustri, pengembangan Teaching Factory, konsep pembelajaran di SMK berbasiskan produksi dan barang atau jasa sesuai standar prosedur dunia industri.

Kemudian pendampingan guru dan siswa melalui pelatihan dan pembelajaran di kelas oleh guru tamu dan United Tractors dan PT.AR.

"Praktek Kerja Industri siswa dan magang guru serta uji sertifikasi guru siswa, serta pengembangan dan penguatan sarana dan prasarana penunjang kejuruan teknik alat berat," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN2 Batang Toru Nurlaili Simajuntak mengapresiasi program dan kerjasama tersebut dengan harapan dapat berdaya saing menghadapi revolusi 4.0. (KC/ant)
Komentar

Tampilkan

Terkini

KOLOM PENULIS

SOSIAL

+