Terungkap, Ternyata Seperti Ini Sosok Vandiko Timotius Gultom dan Raun Sitanggang

Kabar Center
Sabtu, 30 Mei 2020, 20:36 WIB Last Updated 2020-05-30T13:36:32Z
Vandiko Timotius Gultom bersama Raun Sitanggang

Kabar Center - Samosir

Mungkin sudah banyak yang mengenal nama Vandiko Gultom, utamanya yang berada di wilayah Kabupaten Samosir. Dari semua yang telah diperbuatnya secara khusus di masa Pandemi Covid-19 ini, Vandiko Gultom dikenal cukup dermawan dan ramah.

Meski namanya cukup dikenal, namun masih banyak yang belum mengetahui lebih dalam sisi kehidupan Bakal Calon Bupati Samosir yang berasal dari kaum milenial itu.

Siapakah Vandiko?, mungkin dua kata yang menjadi kalimat tanya itu kerap terbesit dalam pikiran.

Vandiko Timotius Gultom, ST adalah salah seorang dari kaum milenial yang cukup paham E-Digital. Ia juga merupakan lulusan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Hal itu disampaikan langsung orang tua Vandiko, Ir. Ober Gultom, MT kepada wartawan dalam acara diskusi dengan tajuk "Gimana Sosok Vandiko-Raun di mata Pemuda dan Jurnalis Samosir" yang digelar di Hotel Saulina, Kamis (28/05).

Menurut Ober, Vandiko Gultom menguasai bidang pembangunan infrastruktur dan memiliki pengalaman selama 5 tahun di Kementerian PUPR wilayah Jawa Timur yang membidangi pembangunan jalan Nasional.
Kaum Milineal ketika mengikuti diskusi di Hotel Saulina Samosir

"Vandiko ingin menggugah kaum muda dan merubah paradigma dari pemuda orang batak untuk tidak tabuh terjun ke kancah politik," kata Ober Gultom.

Menurutnya, Vandiko memberikan paradigma kaum muda yang energik, cerdas, milenial ke kancah dunia politik sebagaimana diamanatkan Undang-Undang (UU) pemilu, bahwa hak untuk dipilih minimal 25 tahun.

"Kehadiran Vandiko di dunia politik sebagai motivasi bagi kaum muda terkhusus Pemuda Batak untuk menjadi politikus berpengalaman ke depannya. Dan Vandiko sendiri saat ini telah berusia 28 tahun," sebut Ober Gultom.

Terkait keinginan Vandiko Gultom ikut sebagai salah satu kontestan dalam Pilkada Samosir, Ober menegaskan, bahwa Vandiko sebagai milenial dengan latar belakang pendidikan Teknik Sipil, ingin mewujudkan sebuah perubahan dengan membangun samosir lebih maju.

"Dengan relasi dan kemampuan yang kita miliki, kita akan berusaha maksimal bekerjasama dengan pemerintah pusat dan provinsi untuk menginisiasi pembangunan pembangunan di Samosir, khususnya pengaspalan Jalan Desa, irigasi pertanian, Sarana Air Minum, mengelola persampahan dan juga reklamasi pariwisata," kata Ober Gultom yang juga ASN di Kementerian PU PR ini.

Lebih jauh kata Ober, sebagai orang tua Vandiko, ia dan Ibu Junita B. Panjaitan sangat mendukung putranya Vandiko Gultom membuat perubahan yang lebih baik dan maju untuk Kabupaten Samosir.

Dikatakan, semangatnya mendukung putra keduanya itu tidak terlepas dari program yang dicanangkan, diantaranya, APBD untuk kesejahteraan masyarakat, beasiswa gratis bagi mahasiswa dengan IPK 3, penguatan perekonomian para petani, membangun zona pariwisata, membangun infrastruktur jalan, air, pariwisata dan pertanian.

Sementara itu, terkait mengapa Vandiko meminang Raun Sitanggang menjadi wakilnya, Ober mengatakan, jika Raun Sitanggang telah memiliki pengalaman dan birokrasi yang cukup baik.

"Selain berpengalaman, Saudara Raun Sitanggang juga dapat mewakili masyarakat dari daerah Samosir bagian barat," pungkas Ober Gultom.

Seperti diketahui, Raun Sitanggang merupakan mantan birokrat di DKI Jakarta. Jabatannya sebagai Inspektorat Pembantu Kota (Irbanko) Pemkot Administrasi Jakarta Selatan, membuatnya paham betul kondisi birokrat. Ketika menjabat di bawah naungan Joko Widodo dan Ahok atau Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M, Raun yakin semua pengetahuan dan birokrasi akan dituangkannya di Samosir.

"Saya dengan senang hati menerima 'pinangan' Vandiko Timotius Gultom karena visi dan misinya sama dengan saya yakni untuk mengabdi di Kabupaten Samosir," kata Drs. Raun Sitanggang, MM, ketika dikonfirmasi Kabar Center, Sabtu (30/05).
Bakal Calon Wakil Bupati Samosir Raun Sitanggang bersama Orang Tua Vandiko Timotius Gultom, Ober Gultom | Ist

Menurutnya, pensiun dini yang dilakukannya adalah semata-mata untuk mengabdi bagi Samosir. Ia mengaku, Tuhan telah memberikan kesempatan baginya mendampingi 'anak muda' yang potensial yang mampu  untuk mewujudkan visi misinya.

"Saya sangat yakin bahwa Vandiko Timotius Gultom akan jujur dan tulus mengabdi mengawali karirnya sebagai Bupati. Sementara saya sendiri ingin mengakhiri pengabdian demi 'hasangapon, hagabeon dan hatuaon," kata Raun Sitanggang.

Raun kembali menegaskan bahwa dirinya memang semata-mata untuk mengabdikan dirinya bagi Kabupaten Samosir.

"Saya sendiri sudah saur matua, artinya saya sangat bersuka cita dipinang menjadi wakil bupati. Dan saya ingin mengabdi untuk masyarakat samosir," tutup Raun Sitanggang.

Penulis: Pio M. T. Simbolon
Editor: Freddy S
Komentar

Tampilkan

Terkini

KOLOM PENULIS